KOMABITANIAN

          

       Saat itu 2 tahun lalu di OSMB (ospeknya ala UT) dari berbagai
organisasi dan Unit kegiatan Mahasiswa pada promosiin diri agar anak
baru kaya aku ikutan mereka,sesi menerangkan system belajar di UT baru
yang menurutku kurang jelas bukan karena yang menjelaskan tapi karena
aku duduk diluar aula…(heeehee telat datang). skitar stengah jam
dimulai ada cewe dari HMI yg memprovokasi aku supaya ikutan,dan dengan
tegas aku bilang ketidaktertarikannya,lalu dia bertanya (tentunya
dengan sebel padaku karena sudah nyerocos tapi aku ga
tertarik,heeehee)..

“emang mas jurusannya apa??” dengan nada yg menahan amarah(untung pas
itu lagi puasa)

“sastra Inggris,mba…..emang mestinya aku ikutan apa mba?” jawabku
sambil nanya(tentunya dengan tampang lugu dan bijaksana)

“o0o….ikutan KOMABITA aja,itu komunitas anak2 sastra Inggris”…cewe itu
ternyata masih mau menunjukkan jalan yg benar

“boleh tau enggak,standnya dimana mba???”masih dengan tampang lugu dan
bijaksana+ rada bego

“ada dibawah paling ujung sendiri” dia menjawab sambil beranjak dan
menunjuk stand KOMABITA

“okay thx”jawabku singkat dan langsung meluncur ke stand yg ditunjukin
mba tukang jamu eeeh mba HMI

Saat aku menginjak anak tangga terakhir paling bawah,tatapan mataku
terpaku pada seorang gadis berkacamata+berhijab lebar yg sedang
menulis diatas kertas(yaiyalah masa didaun talas?).dengan sisa-sisa
langkahku menuju stand yg dituju,langkahku terhenti beberapa meter
dari gadis itu karena dicegat dan ditanyai oleh seorang cowo tinggi
kurus yg mendeklarasikan diri dengan nama Iyunk cruise (ga ada
hubungannya sama sekali dengan  Tom cruise,tapi cenderung mr.Iyunk ini
kurus.diplesetin jadi cruise).

“gabung KOMABITA mas….kita ini oraganisasi ..bla bla bla…(nerangin
secara detail dan tentunya dengan bahasa manusia)”

“okeh deh…”jawabku singkat

“silahkan duduk mas” mr.Iyunk mempersilahkan duduk tepat didepan cewe itu….
Yang setelah aku curi-curi pandang diname tag nya tertera nama SYAHIDAH….

“silahkan mas isi biodatanya” sya menyodorkan selembar kertas
padaku,bukan pisau…

Aku mengisinya dengan antusias,penuh percaya diri,penuh tanggung jawab
dan didorong oleh keinginan luhur,maka dengan ini aku menyatakan
gabung di KOMABITA sebagai 1st member saat itu.sambil mengisi aku
ngobrol sama mr.Iyunk ngalor ngidul dan aku jadi tau kalo dia itu
tukang cari muka alias photographer. Tentunya pandanganku tak
berpindah alias mencuri-curi pandang sama sosok Syahidah saat aku
mengembalikan form biodata + melengkapi administrasinya.lalu aku
kembali ke tempat OSMB dan ternyata pembagian snacknya udahan,berarti
aku ga kbagian Holland bakery dong padahal pas Registrasi aku bayarnya
penuh lho….tanpa kurang satu apapun kecuali kurang ganteng…qiqiqiqi
datanglah sebutir cowo dengan dandanan ala pendaki gunung lengkap
dengan sandal gunungnya,yang disayangkan gunungnya ga dibawa skalian
heeehee(waaah promo lagi nih…bahasa hatiku berkata).
sambil nyodorin brosur dia cuap-cuap…

”mas,kami dari KEMPALA ..bla…bla…bla…” dan diujung kalimat terdapat pertanyaan…

“tertarik mas panjat gunung??”

“Enggak mas,saya justru bingung sama orang yg seneng panjat
gunung.udah cape-cape naik gunung berhari-hari,giliran sudah nyampe
puncak eeeh turun lagi…kalo ga nyasar,kalo nyasar pastinya ngrepotin
tim SAR deh…”jawabku polos atau bego yaah???

beberapa menit kemudian para mahasiswa pada keluar dari aula,ternyata
acaranya sudah kelar…..sepertinya detik jam ini berlari cepat 100
meter.
saat aku melewati stand-stand yang lagi di kerumunin para mahasiswa
baru yang ngantri(antrian sembako aja kalah jauh...)dan dengan nada
keangkuhanku dalam hati aku berkata...

"aku dong udah...ksiaaan deh kalian pada ngantri...."
dengan langkah gontaiku karena memang lagi puasa+mikirin  Holland
bakery,aku aku nyantai meninggalkan kerumunan demi
kerumanan..PULANG...

Selang beberapa hari aku dapat SMS dari ketua KOMABITA yg diujung sms
tersebut tertera tulisan Dede Lesmana(ternyata ini nama orang +
ketumnya,ini juga ga ada hubungan sama sekali dengan Indra Lesmana
atau Lesmana-Lesmana yang lainnya),dan titah beliau adalah  agar dapat
hadir dipertemuan pertama sekaligus acara buka bersama hari minggu
ini.aku datang sekitar jam 15.00 WIB padahal mulainya jam 16.00 (biasa
kalo ga telat ya kecepetan datang,heeehee…watak),dan baru menjumpai 2
anak didalam kelas. Yang satu cewe yang satu cowo (yang satunya
syetan…lah aku dong??).yg cewe duduk paling ujung dari pintu dan yg
cowo sepertinya ktiduran dimeja (maklumlaah lagi puasa distel
lemes).setelah aku tengok kanan kiri kaya orang mau nyebrang jalan,aku
melangkah menghampiri cowo tersebut(pastinya setelah diskusi yg alay
eeh alot dalam otakku),aku duduk duduk disampingnya dan duduknya
dikursi bukan dimeja,karena kata emaku ga sopan duduk dimeja entar
dikira termasuk menu makanan.
 Ternyata kehadiranku membangunkan beliau…

“eh maaf mas,kursi ini kosong mas??”pertanyaan begoku meluncur

“oh..iya silahkan duduk mas” jawab cowo itu dengan mata yg
berbinar-binar menahan kantuk + sebel kale Yee??...

“ady…” sahutku sambil menjulurkan tangan bukan menjulurkan lidah

“feby” jawabnya sambil meraih tanganku dan terjadilah SALAMAN…

tapi dalam hatiku rada ketawa+terkejut,cewe apa cowo nih anak ko’
namanya feby(tanda Tanya banyak muter2 diatas kepalaku).aku perhatiin
rambutnya acak-acakan,matanya sedikit belekan dan aku lihat bibirnya
tanpa lipstick…waaah ini mah cowo plus saat aku liat dibuku yg tadi
buat bantal tidurnya tertera tulisan FABYAN KURNIAWAN…qiqiqiqi tambah
yakin kalo feby ini cowo dari namanya,coba kalo namanya feby
febyola???heeehee

Tak berapa lama satu per satu,dua per dua, tiga per tiga itu sama
dengan satu….(pasti bener dah,kalo ga percaya Tanya mas Dharmawan
heeehee) pada datang termasuk mr.Iyunk ,Dede Lesmana dan Syahidah
hadir,udah deh pada bayaran acara buka bersama sesaat kemudian
acarapun segera dimulai. Setelah Syahidah ngaji disambung
petuah-petuah pak ketum ada acara tausiyah juga Lho0o dan diakhiri
dengan makan bareng tapi sendiri-sendiri…
minggu berikutnya aku datang lagi,ko’ sepi amat yaah.hanya terdapat
beberapa anak yang saat aku Tanya Cuma menggoyangkan kepala kekanan
kekiri sama seperti rumput saat ditanya sama Ebiet G ade.
waah boro-boro punya nomor hape para senior,kenal aja baru kemarin.
Oya aku punya brosur saat OSMB kemarin,langsung dah cari nomor hape
seniorku….eeeh ada nomornya Syahidah,langsung aku telepon dah ga
peduli lain operator…(mendadak logikaku mati)

“hallo,Assalamu’alaikum “ sapa salamku hangat sehangat mentari pagi
yang menyinari bumi sehabis hujan rintik-rintik….tik…tik….(ada
echonya)

“Alaikkum salam…” jawab Sya diseberang sana(karena aku ga tau tepatnya
dimana dia berada)

“mba,ko’ KOMABITA sepi siy??” tanyaku dengan bahasa yg disopan-sopanin

“iya,kan memang diliburkan dulu menyambut lebaran gitu,aku aja udah pulang ko’…”

“emang kemarin ga dengerin info liburnya yaah??” sya nerangin dengan
penuh kebijaksanaan

“heeehee aku ko’ ga merhatiin yaa…” jawabku jujur

“okeh deh termakasih,maaf ya ganggu” tambahku untuk menutupi keluguan
dan kebegoanku…

“iyaa…ga pa pa,Assala mu’alikum” suara merdunya menjawab

“wa ‘alaikum salam"

hari itu aku ga dapet apa-apa kecuali dapet nomor hapenya Syahidah.
Akhirnya aku pulang tanpa beban soalnya kalo disitu terus juga mau
ngapain, gantiin penjaga sekolah??
Setelah libur lebaran,aku kembali dapat sms dari mas Ketum KOmabita
yang menerangkan bahwa kegiatan sudah akan dimuali minggu ini.
Kegiatan di KOMABITA  adalah belajar mengajar alias class sharing
karena kita ga punya dosen tetap,kalopun ada juga Cuma buat
fasilitator aja yg ga ngaruh sama nilai. Disinilah akhirnya aku dapat
mengerti system belajar UT dan Administrasinya karena aku malu-maluin
diri sendiri nanyain apa aja deh…(heeehee ketauan males baca catalog
yang bahasanya sangat kaku dan baku)....

Comments

Popular Posts