ini tidak benar

tidak perlu setuju mesti kebanyakan orang setuju,
aku tetap perlu syetan dalam diriku agar aku bisa selalu mengalahkannya.
tak perlu orang lain yg jadi syetannya cukup sisi lain dariku,
ini memang benar meskipun ini memang benar-benar pembenaran dariku
karena memang ini diperlukan aku.
tanpa aku sadari ternyata aku sering menyalahkan orang lain,gara-gara si ini dan si itu.
aku tak pernah menyadari bahwa yang perlu disalahkan pertama kali adalah bukan si Ini atau si Itu,
bukan karena ininya atau itunya, tapi dalam diriku ini !!!

agar orang lain tak berbuat salah atau minimal aku gak merasa orang lain yang salah.
menyetujui kesalahan itu disebabkan oleh kesalahan orang lain itu salah,
salah - salah ternyata tuduhan aku itu salah orang.
dan itu bisa jadi kesalahan kubro buat aku.
kesalahan ada untuk memunculkan kebenaran,
tapi apakah perlu melakukan kesalahan terlebih dahulu untuk kemudian baru melakukan kebenaran?
pembenaran memang tak pernah hakiki di mata orang lain,
membiarkan pembenaran-pembenaran orang lain itu baru benar.
selama pembenaran-pembenaran itu menimbulkan tawa kebahagiaan dan kemaslahatan.




teruntuk : Kesejatian hatiku

Comments

Popular Posts