Monkey System

Dalam 1 kandang besar ada 5 monyet; kita sebut saja :
1. Monyet A
2. Monyet B
3. Monyet C
4. Monyet D
5. Monyet E
Di dalam kandang tersebut ada batang pohon tinggi, ketika suatu hari di ujung batang tersebut di taruh pisang dan ada monyet yang naik hendak mengambil pisang tersebut, maka si empunya akan menyiramnya dengan air dingin. Dengan demikian si monyet yang hendak mengambil pisang itu pun mengurungkan niatnya (1 memory terekam; sebut saja monyet A).
Esoknya pisang tersebut masih menggantung di ujung batang kayu, lalu monyet B tertarik mengambilnya, sebelum nyampai di ujung si empunya sudah menyiramnya dengan air dingin, monyet B tersebut pun mengurungkan aksinya, hal tersebut ( pengalaman si monyet A dan monyet B ) pun terjadi pada monyet C. Maka berdasarkan jumlah, monyet yang mengalami kejadian diguyur air dingin lebih banyak dibanding yang belum mengalaminya.
Esok harinya, si monyet D baru hendak memanjat batang kayu tersebut, tapi monyet A, B dan C sudah menyeretnya dan memukuli monyet D. Dan monyet E hanya bisa melihat (merekam semua kejadian dari awal). Maka monyet E tidak berani memanjat batang kayu, apalagi sampau mengambil pisangnya. Sudah ada rasa takut nanti bakalan digebukin, sudah tidak ingat lagi jika naik batang kayu tersebut bakal disiram air dingin.
Suatu hari monyet A, B dan C diganti dengan monyet-monyet baru. Ketika ada salah satu monyet
baru yang mencoba naik ke batang kayu terebut maka monyet D dan monyet E akan segera menghajarnya (sistem aturan tak tertulis pun sudah terbentuk). Monyet-monyet yang baru yang lainpun akhirnya tidak berani memanjat batang kayu tersebut.
Esok harinya, monyet D dan E diganti dengan monyet baru (jadi semua yang ada dikandang itu monyet baru/pengganti). Ketika salah satu dari monyet yang terbaru mencoba memanjat batang kayu untuk mengambil pisang, maka 3 monyet sebelumnya langsung menhajarnya (di sinilah terlahir sebuah kesepakatan bersama).
Dan sekarang penghuni kandang besar tersebut adalah monyet-monyet baru yang sebenarnya tidak tahu akar masalah  tentang "memanjat batang kayu itu dilarang", lalu monyet-monyet penggantipun akan menuruti sistem yang sudah ada tanpa mempertanyakan atau bahkan mencari tahu akar masalah kenapa sampai dipukuli.
JADI SELAMA INI ANDA MIRIP MONYET YANG MANA ???

Comments

Popular Posts