Parenting : Mengajari anak agar tidak memukul

Waktu itu, Kalandra memukul adiknya, lalu saya memintanya untuk meminta maaf tapi Kalandra malah balik memukul bapaknya, saya mengulangi kata-kata saya agar Kalandra meminta maaf ( nada sedikit naik), Kalandra malah memukul saya lagi namun saya mampu menghindar dan menangkap tangannya, dan dengan pelan saya memukul tangan Kalandra; maksudnya agar dia mengerti bahwa tidak boleh memukul adiknya/bapaknya.
Beberapa detik kemudian saya mikir, saya ini orangtua yang sedang dititipkan anugerah berupa anak. Mengajarkan / memberitahukan Kalandra bahwa memukul adiknya/bapaknya itu sebuah perbuatan yang tidak baik tapi kenapa cara saya menyampaikannya dengan cara memukul juga ( meskipun pelan). Terkadang kita reflek melakukan hal yang demikian, reflek itu muncul dikarenakan ada "frame of mind" yang sama / mirip dengan kejadian yang pernah kita alami sehingga memicu respon yang sama / mirip dengan yang dulu pernah kita alami.
Saya memeluk Kalandra dan membisikkan kata maaf, semoga bapaknya tak mengulanginya lagi.

Comments

Popular Posts